DPR RI Buat Pendidikan Tidak Bisa Dipengaruhi Suksesi Politik

- 19 November 2020, 20:42 WIB
Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian /arahkata.pikiran-rakyat.com

SUARA CIMAHI - Komisi X DPR RI menggelar rapat dengar pendapat bersama para praktisi dan pakar pendidikan dan memastikan pendidikan tidak dipengaruhi suksesi politik, Kamis (19/11/2020). Arah pendidikan nasional akan konsisten dan berkelanjutan lantaran dibekali dengan Peta Jalan Pendidikan (PJP) 2020-2035.

Dilansir dpr.go.id, Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian yang memimpin rapat itu mengatakan, kebijakan pendidikan selalu berubah arah seiring adanya suksesi politik, maka tidak terdapat konsistensi arah kebijakan.

Baca Juga: Warga Babakan Sriwijaya Cimahi Keluhkan Banjir yang Terjadi Setiap Hujan

"Ini adalah desain besar menyeluruh yang ingin mensinergikan seluruh elemen dan komponen bangsa dan juga mengikutsertakan semua kementerian negara dalam merumuskan PJP. Ini sangat diperlukan supaya arah pendidikan kita memiliki pedoman, tolak ukur, dan arah yang konprehensif, terencana, dan lebih bersifat jangka panjang. Jadi tidak bergantung kepada kekuasaan politik," tuturnya, Kamis (19/11/2020).

Bahkan, ia menilai, kebijakan pendidikan selalu berubah arah lantaean dipengaruhi hegemoni politik yang berkuasa. Di sini urgensi Komisi X DPR RI untuk membentuk Panja PJP 2020-2035. Saat ini, Progres PJP masih mendengar saran berbagai kalangan untuk memerbanyak perspektif soal arah kebijakan politik ke depan.

"Panja PJP 2020-2035 ingin mendapat pandangan dari para narasumber soal aspek kebijakan khususnya pendidikan dasar, menengah, dan kejuruan dalam konsep merdeka belajar," kata dia. 

Baca Juga: Kemenparekraf dan BP2MI Jadikan PMI Sebagai Duta Pariwisata

Hetifah menjelaskan, sejak Indonesia merdeka, pembangunan bidang pendidikan telah dilakukan dengan undang-undang dan sebaiknya diikuti dengan peta jalan.

"Sehingga kebijakan pemerintah bisa terukur dan berkesinambungan," tandasnya.***

Halaman:

Editor: Regi Trie Julianie

Sumber: DPR RI


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X