Soal Vaksin Covid-19, Jokowi: Keselamatan Masyarakat yang Utama

- 18 November 2020, 21:05 WIB
Sumber: kominfo.go.id /

SUARA CIMAHI - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menegaskan, keselamatan dan keamanan masyarakat adalah prioritas utama dalam vaksin Covid-19. Maka dari itu, beberapa tahapan ilmiah sedang dilakukan pemerintah dan wajib diikuti.

“Kaidah-kaidah ilmiah ini sudah saya sampaikan wajib diikuti. Kita ingin keselamatan dan keamanan masyarakat itu harus betul-betul diberikan tempat yang paling tinggi,” tuturnya dikutip kominfo.go.id, Rabu (18/11/2020).

Selain itu, Jokowi menjelaskan, semua Vaksin Covid-19 yang akan digunakan merupakan vaksin terdaftar dan disetujui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Selain itu, ia menyebut, manfaat vaksin Covid-19 tersebut haruslah maksimal.

“Semua vaksin yang kita pakai itu harus masuk ke dalam daftarnya WHO, ini wajib. Harus masuk ke daftarnya WHO,” ungkap dia.

Setelag vaksin Covid-19 masuk ke Indonesia, masih harus melalui beberapa tahapan demi memastikan keamanan dari penggunaan vaksin . BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) sebagai lembaga pengawas akan melakukan uji dan verifikasi standar lebih dulu agar bisa mengeluarkan emergency use authorization (EUA) terhadap vaksin.

Jokowi memprediksi, beberaoa proses tersebut bisa memakan waktu sehingga roses vaksinasi baru bisa dilaksanakan pada akhir tahun atau awal 2021.

“Karena memang proses persiapannya itu tidak hanya menerima vaksin kemudian langsung disuntikkan, tapi juga harus menyiapkan distribusi ke seluruh Tanah Air,” katanya.

Mengenai distribusi vaksin Covid-19, Jokowi menyebut hal itu cukup sulit. Setiap vaksin dari produsen yang berbeda memiliki ketentuan penyimpanan dan pola distribusi yang tidak sama.

Hal itu yang sedang disiapkan pemerintah deng an baik demi menjamin vaksin Covid-19 yang akan disuntikkan ke masyarakat tidak mengalami kerusakan dan penurunan mutu.

Halaman:

Editor: Regi Trie Julianie

Sumber: kominfo.go.id


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X