Jokowi Mengaku Siap Paling Depan Untuk Vaksinasi Covid-19

- 18 November 2020, 20:38 WIB
Jokowi Mengaku Siap Paling Depan Untuk Vaksinasi Covid-19 /Instagram.com/@jokowi /



SUARA CIMAHI - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengaku siap jika harus jadi yang pertama menjalani vaksinasi Covid-19. Diketahui, salah satu prioritas dalam vaksinasi Covid-19 adalah tenaga medis.

Hal itu diungkapkan Jokowi melalui akun instagram @jokowi. Ia mengaku siap jika tim kesehatan memintanya menjadi orang pertama yang menerima vaksin Covid-19.

"Kalau ada yang bertanya, Presiden nanti di depan atau di belakang? Kalau oleh tim saya diminta yang paling depan, ya tentu saja saya siap," tuturnya, Rabu (18/11/2020).

Selain itu, Jokowi menjelaskan, semua vaksin yang akan digunakan dalam program vaksinasi Covid-19 di Indonesia merupakan vaksin yang terdaftar dan disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Setelah vaksin-vaksin itu masuk, sejumlah tahapan tetap ditempuh untuk memastikan keamanan penggunanya," terangnya.

Ia mengungkapkan, BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) sebagai lembaga pengawas terlebih dahulu akan melakukan uji dan verifikasi standar terhadap vaksin Covid-19

"Untuk dapat mengeluarkan emergency use authorization (EUA) terhadap vaksin tersebut," ungkap dia.

Bahkan, ia pun menyebutkan beberapa pihak yang menjadi prioritas untuk mendapatkan vaksin Covid-19 tersebut.

"Siapa yang akan divaksin terlebih dahulu? Para tenaga kesehatan, TNI-Polri, lalu ASN untuk pelayanan publik yang ada di depan, guru, dan kemudian kita semua," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi mengunjungi proses simulasi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Rabu (18/11/2020). Mengingat, vaksinasi Covid-19 dikabarkan akan segera dilakukan pada awal 2021 mendatang.

Halaman:

Editor: Regi Trie Julianie

Sumber: Instagram


Tags

Komentar

Terkini

X