DPR RI Ingin Pilkada 2020 Meningkatkan Kualitas Demokrasi

- 18 November 2020, 15:18 WIB
Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin /DPR RI


SUARA CIMAHI
- DPR RI ingin pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dapat menghasilkan kualitas demokrasi yang semakin baik serta bisa menciptakan kesejahteraan di masyarakat. Diketahui, Pilkada Serentak 2020 akan digelar di 270 Kabupaten/Kota di Indonesia.

Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin mengatakan, pihaknya akan melihat dan mengevaluasi setelah Pilkada 2020 terselenggara. Ia berharap demokrasi bisa membaik.

"Sekaligus mengevaluasi hal-hal yang dipandang masih kurang. Banyak parameter yang perlu dilihat dalam menentukan keberhasilan atau tidaknya suatu pesta demokrasi," katanya dikutip laman resmi dpr.go.id, Rabu (18/11/2020).

Azis meminta aparat Kepolisian dan penyelenggara pemilu bisa mengantisipasi dan mencari solusi atas kerawanan Pilkada yang digelar 9 Desember 2020 mendatang. Ia menilai, peran Polri penting dalam pelaksanaan Pilkada 2020.

"Kepolisian harus dapat deteksi dini hal-hal yang akan mengganggu suksesnya pelaksanaan pilkada serentak 2020. Untuk itu Polri harus bekerja sama dengan penyelenggara pemilu agar pilkada serentak sukses dan berjalan sesuai harapan," kata dia. .

Politisi Fraksi Partai Golkar itu mengimbau masyarakat menjadi pemilih cerdas. Jangan sampai pesta demokrasi tidak menciptakan demokrasi yang semakin membaik.

"Jangan sampai masyarakat memilih pasangan calon karena money politik," ujarnya.

Selain itu, ia pun mengimbau pasangan calon (paslon) yang memenangkan pilkada serentak untuk terus menyejahterakan dan membangun infrastruktur di wilayahnya.

"Biasanya daerah lumbung suara yang memenangkan salah satu calon selalu diperhatikan, namun daerah yang tidak memiliki suara terhadap pasangan pemenang dibiarkan begitu saja. Maka pemenang pemilu harus bijak dan adil terhadap keseluruhan wilayahnya," tandasnya.***

Editor: Regi Trie Julianie

Sumber: DPR RI


Tags

Komentar

Terkini

X