Indonesia dan Amerika Pertahankan Kerja Sama Penanggulangan Bencana

- 18 November 2020, 15:10 WIB
Indonesia dan Amerika Pertahankan Kerja Sama Penanggulangan Bencana / Google / BNPB /

SUARA CIMAHI - Pemerintah Amerika Serikat sepakat pertahankan kerja sama bidang penanggulangan bencana bersama Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Hal tersebut disampaikan oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Yong Kim kepada Kepala BNPB Doni Monardo ketika berkunjung ke Kantor BNPB di Jakarta, Selasa (17/11/2020) kemarin.

"Saya sepakat untuk mempertahankan kerja sama di bidang bencana,” tuturnya seperti dikutip laman resmi bnpb.go.id, Rabu (18/11/2020)

Sebelumya, Pemerintah Amerika Serikat sudah bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia lewat Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat atau (USAID). Kim menilai, hal itu menjadi pekerjaan baik antara kedua negara dan perlu dipertahankan serta diapresiasi.

Kim pun mengapresiasi Kepala BNPB Doni Monardo atas kinerja BNPB dalam memberi peringatan dini bencana yang dilakukan bersama lembaga lain di Indonesia.

"Kami bangga atas kerja keras bersama anggota bapak dalam menanggulangi bencana bersama USAID. Kami juga mengapresiasi atas segala informasi peringatan dini bencana alam yang telah dilakukan oleh BNPB bersama lembaga lain bagi masyarakat Indonesia,” jelas dia.

Sementara itu, Kepala BNPB Doni Monardo berterima kasih atas dukungan Pemerintah Amerika Serikat. Ia mengatakan kerja sama itu membantu Indonesia dalam memudahkan mitigasi serta penanggulangan bencana.

"Terima kasih seluruh kerja sama yang dilakukan yang bergerak di bidang kemanusiaan, sehingga hal itu sangat membantu kami dalam menganggulangi dan memitigasi segala jenis bencana,” ucapnya

Selain itu, Doni menilai, Amerika Serikat dan Indonesia mempunyai kesamaan terkait adanya potensi ancaman segala jenis bencana.

Halaman:

Editor: Regi Trie Julianie

Sumber: BNPB


Tags

Komentar

Terkini

X