Keberhasilan Polri Menangkap Djoko Tjandra Mendapat Apresiasi dari Mendagri

- 1 Agustus 2020, 07:20 WIB
Buronan kelas kakap, Djoko Tjandra diperlihatkan kepada media usai penangkapannya di Malaysia dalam konferensi pers di kantor Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Kamis, 30 Juli 2020. /

SUARA CIMAHI - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang dulu pernah menjabat sebagai Kapolri, Tito Karnavian sangat mengapresiasi keberhasilan Tim Polri menangkap dan membawa kembali Djoko Tjandra ke Indonesia, buronan kasus hak tagih Bank Bali.

Pada hari Jumat Mendagri Tito Karnavian di Jakarta, mengatakan bahwa keberhasilan Polri layak diapresiasi, sebab menangkap buronan di luar negeri itu tidaklah mudah, mesti mengatasi jalur birokrasi antar negara.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada Polri, Pak Kapolri dan jajarannya yang mampu untuk menembus hambatan-hambatan birokrasi maupun hambatan-hambatan hukum antar negara, itu saya prestasi luar biasa," kata Tito.

Tito mengungkapkan bahwa menangkap buronan di luar negeri itu bukan persoalan mudah karena harus mengatasi birokrasi antar negara, meskipun ada perjanjian ekstradisi antar dua negara, misalnya antara Indonesia dan Malaysia.

Pada Kamis 30 Juli 2020 sebelumnya Polri berhasil menangkap dan membawa pulang Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra di Malaysia terkait kasus pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali ke Indonesia.

"Ya," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono saat dikonfirmasi.

Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabomo mennyebutkan penangkapan Djoko Tjandra melibatkan Kepolisian Diraja Malaysia.

"Alhamdulillah Djoko Tjandra bisa dibawa kembali melalui jalur penerbangan via Halim, menjawab pertanyaan publik apa yang terjadi selama ini," kata Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

Pada Kamis malam sekitar pukul 22:45 WIB Djoko telah tiba di Halim Perdanakusuma dan segera dibawa ke Mabes Polri.

Halaman:

Editor: Muhammad Fauzi

Sumber: Pikiran Rakyat, Galamedia


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X